PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pengguna E-Filling di KPP Pratama Pandeglang)
Nono Arief Rachman

Abstrak

Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Pandeglang harus senantiasa melakukan perbaikan kualitas pelayanan dengan tujuan agar dapat meningkatkan kepuasan wajib pajak. Upaya peningkatan kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan cara peningkatan kualitas dan kemampuan teknis pegawai dalam bidang perpajakan, perbaikan infrastruktur, penggunaan sistem informasi dan teknologi untuk dapat memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepuasaan wajib pajak orang pribadi pengguna e-filling di KPP Pratama Pandeglang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset korelasi (correlational study). Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan Pajak. Variabel dependen adalah kepuasan wajib pajak orang pribadi pengguna e-filling. Populasi penelitian yaitu Wajib Pajak Orang Pribadi Kabupaten Pandeglang yang menggunakan E-Filling yang berjumlah 31.597 orang. Sampel penelitian sebanyak 100 orang. Teknik  pengambilan sampel  yang  digunakan  adalah  rumus slovin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Kualitas pelayanan pajak di KPP Pratama Pandeglang sudah  baik, hal ini ditandai dari persentase skor aktual sebesar 79,38%. (2). Kepuasan Wajib Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Pengguna E-Filling  di KPP Pratama Pandeglang berkategori baik, hal ini ditandai dari hasil persentase skor aktual tanggapan sebesar 80,26 %. (3). Kualitas pelayanan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak wajib pajak orang pribadi pengguna e-filling di KPP Pratama Pandeglang, ini terlihat dari hasil pengujian menunjukkan bahwa Nilai r= 0,828, Nilai KD= 68,6 %  dan Nilai thitung > ttabel (14,622 > 1,984)  terbukti semakin baik kualitas pelayanan pajak Filling  di KPP Pratama Pandeglang maka Kepuasan Wajib Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Pengguna E-Filling  di KPP Pratama Pandeglang semakin baik.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Wajib Pajak




© 2014 copyright | Design & Programming by ICT UNMA BANTEN