PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT NASABAH (PENGGUNA E-BANKING) BANK BJB KCP MENES
Nono Arief Rachman

Abstrak

Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang di desain untuk mempengaruhi pertukaran dalam mencapai tujuan organisasi. Biasanya strategi pemasaran diarahkan untuk meningkatkan kemungkinan atau frekuensi perilaku konsumen seperti peningkatan kunjungan. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan dan menyajikan bauran pemasaran yang diarahkan pada pasar sasaran yang dipilih. Bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana yang dapat di kendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. Minat beli adalah keinginan untuk memiliki produk. Minat beli akan timbul apabila seseorang konsumen sudah terpengaruh terhadap mutu dan kualitas dari suatu produk, informasi seputar produk, seperti: harga, cara membeli dan kelemahan serta keunggulan produk di banding merek lain.

Strategi bauran pemasaran di bank bjb KCP Menes sudah dilakukan dengan baik, terbukti hasil rekapitulasi jawaban responden mengenai strategi bauran pemasaran pada bank bjb KCP Menes telah dilaksanakan dengan “sangat kuat”. Dengan skor 3022 mendekati skor ideal 3300. Adapun jawaban responden mengenai minat nasabah di bank bjb KCP Menes telah di laksanakan dengan “sangat kuat”. Dengan skor 2819 dari total skor ideal 3300. Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap minat nasabah telah diukur dengan menggunakan alat uji statistik antara lain:

1.     Analisis koefisien korelasi diperoleh hasil r = 0,2915 hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang postif dengan tafsiran “rendah” antara strategi bauran pemasaran (x) dengan minat nasabah (y).

2.     Koefisien determinan didapat bahwa strategi bauran pemasaran memberikan kontribusi sebanyak 8,5% terhadap minat nasabah.

Uji hipotesis dengan menggunakan uji thitung dengan α = 0,05 dengan db (n-2) = 64 dihasilkan t-tabel 1,998 dengan thitung > ttabel atau 2,4378 > 1,998. Artinya bahwa terdapat pengaruh antara strategi bauran pemasaran (x) terhadap minat nasabah (y) pada bank bjb KCP Menes.




© 2014 copyright | Design & Programming by ICT UNMA BANTEN