PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PENGADILAN AGAMA KABUPATEN PANDEGLANG
Bachtiar Rifai S. SE., MM

Abstrak

Kedisiplinan adalah fungsi operatif keenam dari manajemen sumber daya manusia. Kedisiplinan merupakan fungsi operatif manajemen sumber daya manusia yang terpentingkarena semakin baik disiplin karyawan (pegawai), semakin tinggi prestasi (kinerja) yang dapat dicapainya.Tanpa disiplin yang baik, sulit bagi organisasi mencapai hasil yang optimal. Menurut Malayu S.P. Hasibuan (2011:193).

Kinerja adalah hasil seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu di dalam melaksanakan tugas, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. Menurut Rivai dan Basri yang dikutip oleh Asri Laksmi Riani (2011 : 97).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan riset korelasi. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai pada Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Pandeglang yang berjumlah sebanyak 37 orang pegawai. maka, peneliti menetapkan sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 37 orang sampel atau responden.

Bahwa pelaksanaan disiplin pada Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Pandeglang berdasarkan nilai skor dari variabel disiplin adalah 1554 yang terletak mendekati nilai 10 dengan kategori baik sehingga, dapat dikatakan bahwa disiplin kerja pegawai telah dilaksanakan dengan “Baik”.

Bahwa kinerja pegawai Kantor Pengandilan Agama Kabupaten Pandeglang berdasarkan nilai skor dari variabel disiplin adalah 1610 yang terletak mendekati nilai 1850 dengan kategori baik sehingga, dapat dikatakan bahwa kinerja yang telah dilakukan pegawai telah dilaksanakan dengan “Baik”.

Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Pandeglang yang diukur dengan menggunakan alat uji statistik antara   lain : Hasil koefisien korelasi didapat hubungan yang positif dan sedang dengan nilai r = 0,437 dan untuk koefisien determinan didapat bahwa disiplin memberikan pengaruh sebesar   19,10 % terhadap kinerja pegawai. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus thitung, dan didapat nilai thitung (2,834) > t tabel (2,042) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga hipotesis awal penelitian diterima.


 




© 2014 copyright | Design & Programming by ICT UNMA BANTEN