PROSEDUR PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATENLEBAK PADA TAHUN 2011
Ifat Hanifah, SH, MH., Afdi Maulfianti, M.IKom

Abstrak
Ada beberapa permasalahan yang diteliti. Permasalahan tersebut adalah tentang prosedur pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak, dampak Pengujian Kendaraan Bermotor di Kabupaten Lebak terhadap pengguna kendaraan dan hambatan yang dihadapi Dinas Perhubungan dalam Pelayanan Pengujian kendaraan bermotor Kabupaten Lebak. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang prosedur pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak, dampak Pengujian Kendaraan Bermotor di Kabupaten Lebak terhadap pengguna kendaraan serta hambatan yang dihadapi Dinas Perhubungan dalam Pelayanan Pengujian kendaraan bermotor Kabupaten Lebak. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan key person. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan data.
Hasil penelitian skripsi ini adalah bahwa prosedur pengujian kendaraan bermotor wajibuji yang dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak telah mengikuti ketentuan yang berlaku sebagaimna yang dijelaskan pada pasal 132 ayat 2 nomor 44 tahun 1993 menjelaskan bahwa pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor adalah merupakan tanggung jawab pemerintah. Dalam hal ini Dinas Perhubungan yang ditunjuk oleh Pemerintah sebagai satu-satunya lembaga yang diberi wewenang untuk melakukan pengujian kelaikan bagi kendaraan umum.
Sedangkan dampak dari prosedur pengujian kendaraan bermotor wajib uji sangat bersifat positif karena tujuan dari pengujian kendaraan bermotor adalah untuk menjaga keselamatan berkendara, tertib lalu lintas, melestarikan lingkungan dari kemungkinan pencemaran kendaraan serta pelayanan umum pada masyarakat. Kemudian hambatan yang dihadapi oleh dinas perhubungan dalam proses pelayanan pengujian kendaraan


© 2014 copyright | Design & Programming by ICT UNMA BANTEN