Efektivitas Program Mentoring Halaqah dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa
Kategori:Jurnal Tidak Terakreditasi
Penulis:Ade Hidayat
Fakultas:
Prodi.:
No./Edisi:1
Vol./Thn.:1
Bulan:April
Tahun:2013
ISSN:2337-8271
Abstrak:Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan program bimbingan kelompok yang efektif dan feasible untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa. Salah satu pendekatan dalam melakukan bimbingan kelompok adalah dengan menggunakan mentoring halaqah, yaitu pola kegiatan bimbingan kelompok dengan menggunakan tahap-tahap pelaksanaan kegiatan mentoring halaqah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai disain penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Penelitian ini memperlihatkan hasil skor rata-rata kelompok eksperimen yang mengikuti bimbingan kelompok melalui pendekatan mentoring halaqah lebih baik dibandingkan dengan skor rata-rata kelompok kontrol yang tidak mengikuti bimbingan kelompok melalui pendekatan mentoring halaqah, maka kesimpulan yang diperoleh adalah layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan mentoring halaqah lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa. Program bimbingan kelompok dengan pendekatan mentoring halaqah (BKMH) ini direkomendasikan untuk dipertimbangkan sebagai salah satu program dalam melakukan kegiatan bimbingan dan konseling di SMA, khususnya dalam rangka meningkatkan kecerdasan moral siswa.
Kata Kunci:Bimbingan Kelompok, Mentoring Halaqah, Kecerdasan Moral.



© 2014 copyright | Design & Programming by ICT UNMA BANTEN